Welcome to Angklung Web Institute (AWI)! This website is a medium of information exchange about angklung knowledge and competence, especially diatonic angklung in orchestral composition. The Father of Angklung Daeng Sutigna first created the diatonic angklung in 1938. Until now, angklung still has to face many challenges of identity to be acknowledged as one of world’s standard music instruments. One major problem is that there is no firm standard yet in constructing, tuning, forming, playing, and compositing angklung. Another problem is that until today, an angklung music community as a media of education and industrialization of the angklung music hasn’t been founded yet. Through this website we would like to ask you who have a great concern to the development of angklung to pass this piece of information to the world in order to support this developing music instrument. Through this website we would like to convey an angklung-ical activity to an angklung team or community and hopefully someday the industrialization of angklung can be realized. Last, it is our duty to raise our angklung to be appreciated just like the other world’s standard music instruments. Thank you

APAKAH ALAT MUSIK ANGKLUNG, ANGKLUNG PENTATONIS DAN ANGKLUNG PADAENG?

APAKAH ALAT MUSIK ANGKLUNG ITU?


Image Angklung adalah alat musik terbuat dari bambu, dimainkan dengan cara digetarkan dan satu alat menghasilkan satu nada. Termasuk dalam kategori alat musik idiophone

Sound: sound alat musik angklung






APAKAH ANGKLUNG PENTATONIS?

ImageAngklung pentatonis adalah angklung dari masyarakat Sunda (dan dari daerah lainnya di Indonesia), dan dimainkan dengan lima nada tradisional, sehingga disebut pentatonis (5 nada), antara lain: pelog, salendro, madenda.



Sound: sound untaian nada da-mi-na-ti-la-da : Pelog
Sound: sound untaian nada da-mi-na-ti-la-da : Salendro
Sound: sound untaian nada da-mi-na-ti-la-da : Madenda

Sound: sound lagu pentatonis



APAKAH ANGKLUNG PADAENG?

ImageBapak Angklung Diatonis Daeng Sutigna, pada tahun 1937 mulai membuat angklung yang bertangganada diatonis (tepatnya diatonis kromatis), sehingga jumlah nadanya menjadi 7 buah seperti halnya alat musik dunia lainnya (misal piano, organ, biola)

Video: angklung diatonis
Sound: sound untaian nada do-re-mi-fa-sol-la-ti-do
Sound: sound lagu diatonis



Jenis alat musik angklung yang akan banyak dibahas di situs ini adalah angklung diatonis (disebut juga angklung padaeng). Untuk selanjutnya kata angklung  di sini bermakna angklung diatonis (= angklung padaeng)

Image Angklung Padaeng menjadi angklung bertangga nada diatonik kromatis, seperti halnya alat musik standard lainnya di dunia.

Beliau membuat angklung diatonis ini dalam dua jenis, yaitu angklung melodi (satu angklung mewakili satu nada) dan angklung accompagnement (satu angklung mewakili satu akord). Berikut disampaikan secara ringkas cara memainkan alat musik angklung agar dihasilkan permainan yang sempurna.

Read More . . .
BAGAIMANAKAH CARA MEMEGANG ALAT MUSIK ANGKLUNG?

Seperti pada umumnya, angklung dimainkan dengan cara digetarkan. Untuk menghasilkan bunyi yang baik, maka ada beberapa teknik yang dapat diterapkan sebagai berikut (contoh untuk angklung melodi).


Cara Memegang Satu Angklung

Angklung dapat dipegang dengan cara sebagai berikut (ini berlaku untuk yang normal, jika kidal maka diperlakukan sebaliknya):

Image




Foto 1: Memegang 1 Angklung (telapak tangan ke atas)





  • Tangan kiri bertugas memegang angklung dan tangan kanan bertugas menggetarkan angklung.
  • Tangan kiri dapat memegang angklung dengan cara memegang simpul pertemuan dua tiang angklung vertikal dan horisontal (yang berada di tengah), sehingga angklung dipegang tepat di tengah-tengah. Hal ini dapat dilakukan baik dengan genggaman tangan dengan telapak tangan mengahdap ke atas atau pun ke bawah.
  • Posisi angklung yang dipegang sebaiknya tegak, sejajar dengan tubuh, dengan jarak angklung dari tubuh cukup jauh (siku tangan kiri hampir lurus), agar angklung dapat digetarkan dengan baik dan maksimal.
  • Tangan kanan selanjutnya memegang ujung tabung dasar angklung (horisontal) dan siap menggetarkan angklung.



ImageImage






Foto 2: Memegang 1 Angklung (tangan ke bawah)
 





Cara Memegang Lebih dari Satu Angklung


Untuk pemain yang memegang lebih dari satu angklung, dapat dilakukan cara memegang angklung sebagai berikut:

ImageImage


Foto 3: Memegang 2 Angklung (telapak tangan ke atas)








Angklung yang ukurannya lebih besar dipegang tangan kiri pada posisi yang lebih dekat ke tubuh, baik dengan cara dimasukkan ke dalam lengan (jika angklung melodi besar atau yang masuk ke dalam lengan pemain) di posisi lengan bawah, atau dimasukkan ke dalam jari tangan kiri sehingga angklung sisanya dapat dipegang juga oleh jari tangan kiri lainnya dan masing-masing angklung dapat dimainkan dengan sempurna dan baik.

ImageImage




Foto 4: Memegang 2 Angklung (telapak tangan ke bawah)


Read More . . .
BAGAIMANAKAH CARA MEMBUNYIKAN ANGKLUNG?

  • Angklung digetarkan oleh tangan kanan, dengan getaran ke kiri dan ke kanan, dengan posisi angklung tetap tegak (horisontal), tidak miring agar suara angklung angklung rata dan nyaring.
  • Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi getaran yang cukup sering, sehingga suara angklung lebih halus dan rata.
  • Meskipun memainkan angklung bisa sambil duduk, tetapi disarankan pemain memainkan angklung sambil berdiri agar hasil permainan lebih baik.
  • Disarankan juga pada saat memulai latihan, dapat dimulai dengan latihan pemanasan, yaitu membunyikan angklung bersama-sama dengan melatih nada-nada pendek dan panjang secara bersama selama tiga sampai lima menit setiap latihan.


ImageImage











Membunyikan Angklung (tangan ke bawah, tampak depan & samping) (+Video)


ImageImage










Membunyikan Angklung (tangan ke atas - tampak depan & samping) (+Video)



Read More . . .
BAGAIMANAKAH TEKNIK MEMAINKAN ALAT MUSIK ANGKLUNG?

Sekurang-kurangnya terdapat dua cara yang paling umum tentang memainkan alat musik angklung, yaitu dengan digatarkan dan dipukul (dibunyikan putus-putus atau centok). Berikut disampaikan beberapa teknik yang dapat dipergunakan untuk bermain angklung dengan baik.


Menggetarkan Angklung

Angklung dibunyikan dengan digetarkan secara panjang sesuai nilai nada yang dimainkan.

Video: Membunyikan Angklung (tangan ke atas)
Video: Membunyikan Angklung (tangan ke bawah)


Membunyikan Putus-putus, Dipukul (Centok)

Angklung tidak digetarkan, melainkan dipukul ujung tabung dasar (horisontal)-nya oleh telapak tangan kanan untuk menghasilkan centok (seperti suara pukulan). Hal ini berguna untuk memainkan nada-nada pendek seperti tanda musik pizzicato.

Image


Foto-1: Membunyikan Angklung centok (telapak tangan ke tabung) (+Video)







Image


Foto-2: Membunyikan Angklung centok (jari ke tabung) (+Video)








Image


Foto-3: Membunyikan Angklung centok (jari ke tiang) (+Video)









Read More . . .
ANGKLUNG MELODI DAN ACCOMPAGNEMENT, APAKAH PERBEDAAN DAN BAGAIMANA CARA MEMAINKANNYA?

Cara bermain angklung di atas ditujukan untuk angklung melodi. Selain angklung melodi, terdapat angklung accompagnement yang terdiri atas nada akor. Angklung ini dimainkan sesuai akor lagu, dan dapat dimainkan dengan dua cara, yaitu digetarkan dan ditengkep.

Untuk teknik memainkan angklung accompagnement dengan metoda centok (pukul), dapat dilakukan dengan memiankan bersama alat musik bass (bisa bass petik seperti cello/biola dengan ukuran besar) atau bass pukul (dari tabung angklung berukuran sangat besar). Teknik memainkannya mengikuti pola ritmik lagu seperti misalnya poila waltz ( 0 X X) atau mars ( 0X 0X 0X 0X), dengan keterangan 0 untuk memainkan bass dan X untuk memainkan angklung accompagnement.

Read More . . .